• Breaking News

    Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

    Tips Cara Edit File PDF dengan Cepat dan Mudah

    Krumpuls - Tips Cara Edit File PDF dengan Cepat dan Mudah - Cara edit PDF dapat dilakukan dengan mudah jika memang kita mengetahui caranya, file dengan format seperti itu saat ini telah banyak kita jumpai pada berbagai dokumen seperti Ebook, Proposal, tutorial sebuah cara, dll.


    Portable Document Format atau yang lebih dikenal dengan nama PDF merupakan sebuah format atau ekstensi untuk sebuah file yang dibutuhkan dalam pertukaran berkas atau dokumen yang bersifat digital. Berkas dengan format tersebut dapat dilengkapi dengan berbagai fitur seperti label XML, teks, perbesaran pada tampilan visual teks, dapat juga menambahkan audio, dsb.


    Cara Edit PDF


    Untuk dapat mengedit berkas dengan format PDF tersebut kita harus mengenali berkas tersebut terlebih dahulu, serta mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan. Karena untuk dapat mengedit berkas PDF kita tidak bisa begitu saja langsung mengeditnya seperti mengedit berkas dokumen lain, untuk dapat menghapus atau menambahkan teks maupun objek pada berkas PDF kita akan membutuhkan aplikasi/tool editor khusus untuk PDF. Kebanyakan orang biasanya akan menggunakan cara mudah seperti merubah format/ekstensi berkas PDF tersebut terlebih dahulu kedalam bentuk lain. Seperti yang paling umum dilakukan adalah merubah atau mengkonvert berkas nya kedalam format doc microsoft words lalu baru mengedit.

    Namun biasanya dengan cara tersebut tidak cukup efisien karena berkas yang akan kita lihat pasti akan berantakan dan tidak karuan, sehingga kita harus menyusun dan mengatur kembali semuanya dari awal lagi. Maka dari itu kita harus mengetahui cara edit PDF yang cepat, mudah, dan juga benar tentunya, agar tidak merepotkan pada nantinya. Langkah awal yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa berkas PDF yang akan di edit tidak di proteksi, karena jika berkas di proteksi maka kita sudah tentu tidak akan dapat mengeditnya. Jika berkas tersebut telah di proteksi, maka kita harus menghilangkan terlebih dahulu proteksi tersebut dengan menggunakan aplikasi/tool yang khusus untuk mengatasi kendala tersebut.


    Dan setelah kendala tersebut teratasi, barulah kita dapat mengedit dengan memperoleh seluruh akses yang full dari berkas tersebut. Langkah selanjutnya adalah barulah dapat mengedit berkas PDF tersebut dengan menggunakan tool/aplikasi seperti contohnya Foxit PDF editor atau Nitro pro. Jalankan perangkat lunak tersebut, kemudian bukalah berkas PDF yang ingin anda edit. Setelah berkas terbuka kemudian tekan tombol Ctrl+E, maka kursor hand akan berubah menjadi kursor edit. Klik 1 kali pada paragraf atau kalimat yang akan di edit kemudian akan keluar teks box pada paragraf, klik 2 kali pada bagian teks box tersebut untuk dapat mengedit berkas. Lakukan cara tersebut pada setiap objek atau paragraf dan kalimat yang akan di edit.


    Demikian di atas tadi adalah cara edit PDF yang cepat, mudah, dan juga benar tentunya, semoga sedikit tips dan cara di atas tadi dapat membantu dan menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

    Tips Cara Edit File PDF dengan Cepat dan Mudah

    Fashion

    Beauty

    Travel