• Breaking News

    Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

    Pengertian Definisi Operasional Variabel Penelitian



    Krumpuls - Pengertian Definisi Operasional Variabel Penelitian - Definisi Operasioanal Variabel adalah suatu definisi mengenai variabel yang dirumuskan berdasarkan karakteristik-karakteristik variabel tersebut yang dapat diamati.

    Cara merumuskan Definisi operasinal variabel dalam penelitian menurut Tuckman 1978 adalah sebagai berikut :

    1. Definisi operasional dapat dirumuskan berdasarkan proses apa yang harus dilakukan agar variabel yang didefinisikan itu terjadi.

    Contoh :
    Variabel "Kecemasan" dapat dioperasionalkan sebagai suatu keadaan akibat subjek dihadapkan pada ancaman keselamatan.
    Variabel "Lapar" dapat dioperasionalkan sebagai suatu keadaan bilamana subjek tidak diperbolehkan makan apapun juga selama lebih dari 10 jam.
    Variabel "Eksposi yang lama terhadap film kekerasan" dapat dioperasionalkan sebagai situasi dimana subjek menonton hanya film-film kekerasan setiap hari untuk jangka waktu lebih dari enam bulan.
    Karena terbentuknya terbentuknya definisi operasional tergantung pada manipulasi atau proses yang menyebabkan timbulnya variabel yang bersangkutan maka cara definisi tipe ini sangat cocok untuk mengoperasionalkan variabel bebas.



    2. Definisi operasional dibuat berdasarkan bagaimana cara kerja variabel yang bersangkutan yaitu apa yang menjadi sifat dinamiknya.
    Sifat dinamik manusia diperlihatkan dalam bentuk perilaku, oleh karena itu operasionalisasi dengan cara ini menggambarkan tipe manusia berdasarkan perilaku yang nyata dan dapat diamati yang berkaitan dengan tipe atau keadaan orang yang bersangkutan.

    Contoh :
    Konsep mengenai orang yang "Cerdas" dioperasionalkan sebagai orang yang berhasil menjawab lebih daro 75% pada suatu tes kemampuan umum.
    Orang yang "Rajin" dioperasionalkan sebagai yang datang kuliah dengan frekensi bolos tidak lebih dari pada tiga kali dalam satu semester.
    Dikarenakan cara pendefinisian variabel didasarkan pada sifat dinamis yang ada pada subjeknya, maka cara operasionalisasi seperti ini sangat cocok untuk mendefinisikan variabel tergantung.


    3. Definisi operasional dibuat berdasarkan kriteria pengukuran yang diterapkan pada variabel yang didefinisikan.
    Dalam hal ini angka atau skor pada alat ukur dianggap representasi dari konsep mengenai variabel yang diukur.

    Contoh :
    Variabel "Kecerdasan" yang secara konseptual memiliki banyak sekali definisi dapat dioperasionalkan sebagai IQ pada skala WAIS, atau dioperasionalkan sebagai angka yang diperoleh pada tes SPM.
    (Sumber : Saifuddin Azwar, 2004, Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta).
    Demikianlah tentang Pengertian Definisi Operasional Variabel dan Cara Merumuskan Definisi Operasional Variabel Dalam Penelitian.


    Demikianlah artikel yang bisa saya share mengenai Pengertian Definisi Operasional Variabel Penelitian semoga bermanfaat dan berguna untuk anda semua - Pengertian Definisi Operasional Variabel Penelitian 

    Fashion

    Beauty

    Travel