• Breaking News

    Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

    Kwik Kian Gie Telanjangi Kebohongan Pemerintah

    Krumpuls - Kwik Kian Gie Telanjangi Kebohongan Pemerintah - Pemerintah sudah berbohong karena bersembunyi di balik dalih penyelamatan APBN demi menaikkan harga BBM bersubsidi. Demikian sekali lagi ditegaskan ekonom senior Kwik Kian Gie kala jumpa pers di kantornya Jalan Taman Tanah Abang 3 nomor 31, Jakarta, Rabu siang (28/3)

    “Saya sudah lama berbicara soal ini. Sebenarnya APBN itu tidak jebol, pemerintah masih mempunyai kelebihan uang sebesar Rp 97,955 triliun, dengan asumsi bahwa penerimaan PPh Migas itu Rp 60,9 triliun,” tegas Kwik.



    Dia merinci lagi. Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sektor migas mencapai Rp 159,4719 triliun. Sehingga kalau ditotal penerimaan negara dari migas Rp 220,3875 triliun. Tapi menurut Kwik pemerintah menyebut ada pengeluaran yang dinamakan dengan subsidi. Untuk subsidi BBM yang dikeluarkan pemerintah itu Rp 123,599 triliun. Pemerintah juga lakukan pengeluaran yang dinamakan transfer ke daerah dalam bentuk dana bagi hasil migas Rp 32,276 triliun. “Jadi, total pengeluaran pemerintah itu Rp 155,875 triliun, sehingga surplusnya tinggal Rp 64,511 triliun,” lanjut ekonom yang pernah menjabat Menko Ekuin itu.
    Tetapi menurut dia, dana bagi hasil migas ke daerah itu adalah bagian dari pemasukan pemerintah dan sesuatu yang dikeluarkan untuk pemerintahan daerah sehingga angka Rp 32,276 itu bagian dari surplus, jadi total surplus sebenarnya yang diterima pemerintah adalah Rp 96,787 triliun. “Data yang saya miliki ini tidak fiktif. Saya berbicara nota keuangan Kementerian Keuangan tahun anggaran 2012 yang hitungannya persis dengan saya. Kalau pemerintah mengatakan bahwa tidak menaikkan BBM APBN kita akan jebol, itu bohong,” papar Kwik.


    Dan kalau pemerintah memprogramkan kenaikan BBM bersubsidi itu untuk menambah pemasukan keuangan negara, seharusnya pemerintah berkata apa adanya. “Bicara saja seperti ini ke rakyat, ‘Begini loh rakyat, kita punya surplus 96,787 triliun tetapi kami ingin menambah pemasukan dengan lakukan kenaikan BBM bersubsidi’,” tutur Kwik.

    “Kalau pemerintah berbicara seperti itu saya rasa rakyat akan mengerti. Tapi sekali lagi akan jadi pertanyaan untuk apa kenaikan pemasukan itu? Pemerintah harus transparan untuk apa kenaikan itu, jangan ditutupi,” imbuhnya tegas.

    Pertamina memperoleh hasil penjualan 63 miliar liter BBM premium dengan asumsi harga Rp 4500. Kalau dikalikan totalnya Rp 283,500 triliun. Tetapi pemerintah masih harus impor dari pasar internasional dengan nilai Rp 149,887 triliun. Pertamina pun masih membeli dari pemerintah Rp 224,546 triliun.
    “Jadi Pertamina keluarkan uang untuk 63 miliar liter itu per satu liter Rp 566, jadi totalnya Rp 35,658 triliun sehingga jumlah pengeluaran Pertamina Rp 410,091 triliun. Karena Pertamina kekurangan uang Rp 126,591 triliun maka dibayarkan pemerintah, inilah yang disebut subsidi. Namun pemerintah memperoleh hasil penjualan ke Pertamina Rp 224,546 triliun,” paparnya lagi.

    Jadi Kwik menemukan bahwa pemerintah tetap kelebihan uang sebesar Rp 97,955 triliun. Menurut pendapatnya, pemerintah tidak perlu menaikkan harga BBM karena risiko yang lebih besar. Apalagi selama ini sudah ada surplus. “Kata siapa kita jebol? Ini baru pemasukan dari migas, belum pemasukan dari sektor lain,” katanya sambil menunjukkan nota keuangan Kemenkeu.

    Dari sisi daya beli masyarakat, Kwik menyarankan pemerintah berpikir lagi bahwa harga BBM Rp 4500 per liter adalah angka yang sudah bisa diterima masyarakat. Belum lagi, harga sembako sudah naik sebelum BBM naik.

    “Pemerintah malah mengurangi daya beli masyarakat. Angka itu (Rp 4500) cukup dan sudah diterima masyarakat. Saya sudah lama bicara soal ini dan dianggap omong kosong, saya sekarang buktikan dan berharap DPR mau melihat kenyataan ini bahwa tidak ada APBN jebol,” ucapnya.


    Demikianlah artikel yang bisa saya share mengenai Kwik Kian Gie Telanjangi Kebohongan Pemerintah semoga bermanfaat dan berguna untuk anda semua - Kwik Kian Gie Telanjangi Kebohongan Pemerintah

    Fashion

    Beauty

    Travel