• Breaking News

    Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

    Tips Menghadapi Psikotes


    Krumpuls - Tips Menghadapi Psikotes - untuk anda yang akan menjalani tes psikologi  yaitu melalui progam psikotes, pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit tips dan trik mengenai Cara sukses menghadapi Psikotes beserta contoh soal psikotes - Tips Menghadapi Psikotes

    Tes psikologi adalah serangkaian kegiatan pengukuran untuk mendeskripsikan seseorang, baik kemampuan (ability), kepribadian, kecenderungan dan sebagainya. Berdasarkan keputusan yang akan diambil dalam pengukuran, maka tes psikologi mempunyai fungsi sebagai berikut:


    1. Fungsi seleksi
    Tes psikologi berfungsi sebagai seleksi jika digunakan untuk memilih individu-individu yang cocok/sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan. misalnya tes masuk suatu lembaga pendidikan atau tes seleksi jabatan tertentu. Berdasarkan hasilh-hasil tes psikologis yang dilakukan, pimpinan lembaga dapat memutuskan calon-calon pelamar yang dapat diterima dan menolak calon-calon lainnya.


    Tips Menghadapi Psikotes



    2. Fungsi Klasifikasi
    Yaitu mengelompokkan individu-individu dalam kelompok sejenis. Misalnya mengelompokkan siswa yang mempunyai masalah sejenis, sehingga dapat diberi bantuan yang sesuai dengan masalahnya. Atau mengelompokkan siswa ke dalam program khusus tertentu.

    3. Fungsi deskripsi
    Tes ini berfungsi untuk menjelaskan profil seseorang, baik kepribadian, tingkah laku, kemampuan, minat dan bakat dan sebagainya.

    4. Mengevaluasi suatu treatment
    Tes psikologi digunakan juga untuk mengavaluasi suatu treatment/tindakan yang telah dilakukan terhadap seseorang atau sekelompok individu. Ini untuk mengavaluasi sampai tingkat mana keberhasilan treatment yang sudah diberikan. Evalusi ini sangat membantu untuk meneruskan tindakan selanjutnya yang akan diambil.

    5. Menguji suatu hipotesis
    Tes psikologi juga bisa digunakan menguji sebuah hipotesis dan asumsi yang ada. Ini dikarenakan, bahwa tes psikologi terbuat/disusun dari sejumlah penelitian yang ilmiah sebelumnya.  Contoh penggunaan tes psikologi untuk menguji hipotesis ini seperti membandingkan hasil eksperimen yang sudah didapatkan dengan tes psikologi yang sudah dibakukan. Jadi hasilnya dapat di compare(membadingkan), ataupun tes psikologi bisa langsung menguji hipotesis dengan menurunkan indicator-indokator dari tes psikologi yang baku.
    ---000----

    Secara umum bentuk-bentuk soal psikotes antara lain adalah:
    a. Tes Pengetahuan Sederhana
    b. Tes Seri Angka dan Tes Seri Huruf
    c. Tes Identifikasi Kata
    d. Tes Diksi
    e. Tes Padan Kata
    f. Tes Analogi
    g. Tes Berhitung Cepat
    h. Tes Penjumlahan Anga Berkolom
    i. Tes Relasi Bentuk
    j. Tes Verbal Huruf
    k. Tes Verbal Angka
    l. Tes Verbal Ruang
    m. Tes Posisi Kata
    n. Tes Ketelitian
    o. Tes Kreativitas
    p. Tes Menggambar

    Tips Lulus Tes Psikotes seperti dilansir yaraprasetya.blogspot.com dari pengalaman atau learning by doing antara lain:

    1. Tes Logika Aritmatika
    Tes ini terdiri atas deret angka. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut.

    Tips Mengerjakan Tes Logika Aritmatika:
    a. jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada 3 -4 angka terdepan dalam deret namun adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat.
    b. Ingat keterbatasan waktu. Jangan terlalu asyik dan terpaku hanya pada sebuah soal yang penasaran ingin anda pecahkan, lompati ke soal berikut nya karena terkadang soal di bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya.
    c. Anda bisa melatih kemampuan anda ini dari buku-buku tes UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deret ukur



    2.Tes Logika Penalaran
    Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi. Yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemapuan anda dalam memahami pola- pola / kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola anda tersebut:

    Tips Mengerjakan Tes Logika Penalaran:
    Konsentrasi, hati-hati dan teliti. Karena bentuk- bentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama




    Demikianlah artikel yang bisa saya share pada kesempatan kali ini mengenai Tips Menghadapi Psikotes, semoga bermanfaat dan berguna untuk anda semua -Tips Menghadapi Psikotes

    Fashion

    Beauty

    Travel