• Breaking News

    Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

    Proses Pembentukan Verb + ing


    Proses Pembentukan Verb + ing - Belajar Grammar Bahasa Inggris pada kesempatan kali ini membahas mengenai cara pembentukan Verb + ing yang sering kali kita bingung menambahkan akhiran (suffix) -ing pada verb (kata kerja). Tidak semua verb (kata kerja) bisa langsung ditambahkan akhiran (suffix) -ing, seperti kata "start" mendapat akhiran -ing menjadi "starting", terdapat beberapa verb (kata kerja) yang tentunya mengalami perubahan setelah mendapat akhiran (suffix) -ing.

    Verb (kata kerja) akan mengalami perubahan atau tidak ketika mendapat akhiran (suffix) -ing tergantung huruf akhir pada verb (kata kerja) tersebut. Berikut penulis kelempokan perubahan verb (kata kerja) setelah mendapat akhiran (suffix) -ing berdasarkan huruf akhir dari verb (kata kerja) tersebut.  Semoga Bermanfaat. Check this out!!!

    1. Verb (kata kerja) yang berakhiran huruf vocal (huruf hidup)

    a. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf vocal (huruf hidup) yang mana huruf vocal (huruf hidup) pada verb (kata kerja) tersebut boleh dibaca seperti pada kata go, do, dan be (ketiga verb tersebut huruf akhirnya boleh dibaca ketika kita mengucapkannya) mendapat akhiran -ing tanpa adanya perubahan pada verb (kata kerja) tersebut.

    Contoh:
    Verb -ing
    Go Going
    Do Doing
    Be Being
    See Seeing
    Agree Agreeing
    Free Freeing

    b. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf vocal (huruf hidup) yang mana huruf vocal (huruf hidup) pada verb (kata kerja) tersebut tidak boleh dibaca seperti pada kata hope, date, dan injure (ketiga verb tersebut, huruf akhirnya tidak boleh dibaca ketika kita mengucapkannya) mendapt akhiran -ing dengan menghilangkan huruf akhir pada verb (kata kerja) tersebut.

    Contoh:
    Verb -ing
    Hope Hoping
    Date Dating
    Injure Injuring

    2. Verb (kata kerja) yang berakhiran huruf consonant (huruf mati)

    a. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf consonant (huruf mati) yang mana verb (kata kerja) tersebut terdiri dari satu suku kata (one-syllable), seperti pada kata stop, rob, dan beg, mendapat akhiran (suffix) -ing dengan menambahkan huruf consonant (huruf mati) yang sama pada akhiran verb (kata kerja) tersebut.

    Contoh:
    Verb -ing
    Stop Stopping
    Rob Robbing
    Beg Begging

    Tetapi untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf consonant (huruf mati) yang mana didahului oleh dua huruf vocal (huruf hidup) seperti pada kata rain, fool, dan dream, dan untuk verb (kata kerja) yang yang berakhiran huruf consonant (huruf mati) -W dan -X seperti pada kata plow, dan fix mendapat akhiran (suffix) -ing tanpa ada perubahan pada verb (kata kerja) tersebut.

    Contoh:
    Verb -ing
    Rain Raining
    Fool Fooling
    Dream Dreaming
    Plow Plowing
    Fix Fixing

    b. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf consonant (huruf mati) yang mana verb (kata kerja) tersebut terdiri dari dua suku kata atau lebih (two-or-more-syllable), seperti pada kata listen, offer, dan open, medapat akhiran (suffix) -ing tanpa ada perubahan pada verb (kata kerja) tersebut.

    Contoh:
    Verb -ing
    Listen Listening
    Offer Offering
    Open Opening

    Tetapi untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf consonant (huruf mati) yang mana verb (kata kerja) terseebut terdiri dari dua suka kata atau lebih (two-or-more-syllable) yang mendapat tekanan pada huruf akhir pada verb (kata kerja) tersebut ketika dibaca, seperti pada kata begin, prefer, dan control, mendapat akhiran (suffix) -ing dengan menambahkan huruf consonant (huruf mati) yang sama pada akhiran verb (kata kerja) tersebut.

    Contoh:
    Verb -ing
    Begin Beginning
    Offer Offerring
    Control Controlling




    3. Verb (kata kerja) yang berakhiran dua huruf consonant (mati)


    Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran dua huruf consonant (mati) seperti pada kata start, fold, dan demand mendapat akhiran (suffix) -ing tanpa ada perubahan pada verb (kata kerja) tersebut.

    Contoh:
    Verb -ing
    Start Starting
    Fold Folding
    Demand Demanding

    4. Verb (kata kerja) yang berakhiran huruf -Y

    Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf -Y seperti pada kata enjoy, pray, dan buy mendapat akhiran (suffix) -ing tanpa ada perubahan pada verb (kata kerja) tersebut.

    Contoh:
    Verb -ing
    Enjoy Enjoying
    Pray Praying
    Buy Buying
    Study Studying
    Try Trying
    Reply Replying

    5. Verb (kata kerja) yang berakhiran huruf -IE

    Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf -IE seperti pada kata die, dan lie mendapat akhiran (suffix) -ing dengan merubah -IE menjadi -Y.

    Contoh:
    Verb -ing
    Die Dying
    Lie Lying

    Fashion

    Beauty

    Travel